Bahaya dari Rokok

Data WHO tahun 2008 menunjukkan bahwa Indonesia merupakan Negara ketiga yang mengkonsumsi rokok setelah China dan India. Sekitar 65 juta penduduk Indonesia (28 %) sebagai perokok, dan setidaknya ada 225 miliar batang rokok habis diisap oleh 65 juta penduduk Indonesia setiap tahunnya.

Statistik Perokok dari kalangan anak-anak dan remaja menunjukkan Pria

Statistik Perokok dari kalangan anak-anak dan remaja : Pria=24,1% anak/remaja pria; Wanita= 4,0% anak/remaja wanita atau 13,5% anak/remaja Indonesia. Dari kalangan dewasa menunjukkan Pria= 63% pria dewasa; wanita=4.5% wanita dewasa atau 34% perokok dewasa.

Bagi sebagian orang kalau merokok akan merasa lebih jantan dan memberi rasa enjoy,sebenarnya apa bahaya dari rokok yang dikagumi oleh sebagian orang ?

  1. Perlu diketahui, asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
  1. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
  2. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

Kandungan yang terdapat dalam rokok :

  1. Nikotin, dapat meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi, dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya. Kadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan.
  2. Timah Putih (Pb), Timah hitam yang dihasilkan oleh sebatang rokok sebanyak 0,5 ug. Sebungkus rokok (isi 20 batang) yang habis diisap dalam satu hari akan menghasilkan 10 ug. Sementara ambang batas bahaya timah hitam yang masuk ke dalam tubuh adalah 20 ug per hari.
  3. Gas Karbonmonoksida,  memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh rokok.

  1. Paru-paru, partikel asap rokok, seperti benzopiren, dibenzopiren, dan uretan, dikenal sebagai bahan karsinogen. Juga tar berhubungan dengan risiko terjadinya kanker. Dibandingkan dengan bukan perokok, kemungkinan timbul kanker paru-paru pada perokok mencapai 10-30 kali lebih sering.
  2. Jantung.
  3. Stroke, penyumbatan pembuluh darah otak yang bersifat mendadak atau stroke banyak dikaitkan dengan merokok. Risiko stroke dan risiko kematian lebih tinggi pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok.

So, sebelum terlambat putuskan : uang anda hanya untuk sesuatu yang berarti .

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s